Tempat baru di Museum NTB

DCIM100MEDIAWalopun SPIKAP masih sangat baru bagi sebuah komunitas, dimana jumlah anggotanya tidak seberapa, spikap tetap berharap setiap orang yang bergabung merasakan kenyamanan belajar bersama. Kami berusaha untuk menyediakan tempat belajar yang nyaman agar setiap orang bisa merasa lebih fokus dalam belajar. Akhinya beberapa waktu lalu spikap mendatangi pengelola Museum Propinsi Nusa Tenggara Barat yang berlokasi di Kota Mataram. Spikap memilih museum sebagai tempat kegiatan agar sekalian mengajak banyak orang untuk lebih sering berkunjung ke museum dan menjadikan tempat publik sebagai sarana pembejaran.

Siang itu spikap meunuju Museum NTB, kepada satpam  yang berjaga di pintu gerbang, kami langsung menyampaikan ingin bertemu dengan pengelola museum dengan tujuan ingin mengajukan peminjaman ruang atau tempat untuk kegiatan spikap. Kemudian kami diantar bertemu dengan seorang Ibu yang menjabat sebagai kepala TU di Museum NTB. Cukup lama kami berbincang, sambil beliau bertanya tentang profile spikap. Kami bergantian menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Respon yang tidak disangka disampaikan oleh beliau bahwa pihak Museum sangat mendukung adanya kegiatan komunitas seperti spikap, dan komunitas seperti ini bisa dijadikan sebagai salah satu mitra Museum yang biasa disebut “Sahabat Museum”. Beliau juga bercerita bahwa sebelumnya ada beberapa komunitas lainnya yang juga pernah menjadi mitra museum NTB, ada yang dari sanggar tari juga katanya. Jadi, beliau bersedia memberikan pinjaman ruangan untuk kegiatan spikap setiap minggunya. Wah ini sebuah kabar gembira bagi sebuah komunitas yang masih sangat baru. Bahkan beliau menawarkan sebuah ruang rapat Museum yang biasa digunakan untuk rapat para pegawai museum. Namun, jika sewaktu-waktu ruang rapat tersebut dipakai, kami bisa menggunakan ruang aula yang sangat luas dan memadai. Ada juga ruang terbuka di halaman museum, berugak namanya (bahasa Sasak), atau gazebo yang sangat luas yang bisa digunakan juga untuk kegiatan spikap.

Kami menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada beliau yang telah bersedia meminjamkan salah satu ruang di Museum NTB. Jadi mulai minggu itu kami berpindah tempat kegiatan di Museum NTB. Kami juga diberikan kontak penjaga museum agar kami bisa berkoordinasi langsung untuk mempersiapkan ruangan setiap kali pertemuan, Pak Idris namanya, beliau sangat ramah sekali. Semoga saja ini menjadi tahap lanjutan agar spikap lebih dikenal banyak orang dan mengembangkan berbagai kegiatan lainnya yang menarik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s